Benarkah waktu itu menyembuhkan luka?

Masa berkabung adalah suatu masa peralihan dimana kesedihan pasca ditinggalkan kekasih masih membekas di hati kita dan kita belum siap untuk melangkah maju. Memang waktu bukanlah penawar terbaik untuk racun cinta yang sudah menjalar dalam tubuh. Namun setidaknya waktu dapat memberi kita kesempatan untuk instropeksi diri bagi perbaikan dan merencanakan langkah yang pasti untuk menghadapi masa depan yang sebenarnya juga tidak ada kepastian. Memang waktu tidak dapat menyembuhkan luka perpisahan karena lukanya bergantung dari cara perpisahan tersebut. Luka ini mempengaruhi emosi dan jangka waktu masa berkabung.

Berikanlah sedikit waktu kepada diri anda sendiri untuk dapat menyendiri, menikmati sunyinya hati dan menghargai sepi. Atau anda dapat melakukan kegiatan yang lain seperti membaca buku, berdoa atau bahkan mendengarkan musik rock. Namun memang sangat sulit untuk menghilangkan bayangan “si dia” dari benak kita dan kembali sendiri dalam kesunyian. Dunia akan terasa sepi tanpa adanya orang yang kita cintai tersebut. Namun mungkin ini adalah saatnya anda untuk mandiri, pergi berbelanja atau berwisata. Keluar jalan bersama teman juga dapat mengobati sakit hati anda meskipun sebenarnya masih tidak bisa membuat kita melupakan “si dia” karena teman juga tidak ada selama 24 jam. Suatu saat kita kembali ke keadaan sendiri dan sepi.

Banyak orang yang patah hati lantas makan banyak, mencoba hal yang ekstrem dan bahkan merusak dirinya sendiri. Namun hal seperti ini sebaiknya tidak dilakukan karena dapat merugikan diri sendiri. Mendengarkan nasehat dari teman amat diperlukan dalam masa seperti ini. Anda dalam keadaan emosi yang tidak stabil, percampuran antara marah, menyesal, sedih dan lain sebagainya. Untuk itu jangan mengambil keputusan apapun ketika berada dalam masa seperti ini. Percayalah, keputusan yang anda ambil karena emosi adalah 99% anda sesali di kemudian hari.

Namun jangan terlalu lama dalam masa berkabung, seminggu itu adalah hari yang cukup lama dan sebulan itu sudah maksimal. Jika lebih dari sebulan akan menunjukkan jiwa anda yang lemah dan tidak berpendirian. Sudah saatnya anda bangkit dan menjadi pribadi baru. Hanya karena putus cinta, bukan berarti dunia itu runtuh. Belum lagi bahwa dunia tidak menunggu anda selesai berkabung lantas ia berjalan lagi. Hello! Anda melewatkan banyak hal penting jika terlalu lama berada dalam masa berkabung. Hanya orang yang teguh jiwanya yang dapat melalui hal ini dengan baik. Hadiah dari semua ini adalah anda dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih teratur lagi. Tidak ada yang tidak mungkin dalam hidup ini, anda pasti akan menemukan pasangan yang baru dan mendapatkan kebahagiaan suatu saat nanti. Selamat berjuang! (umb)

Iklan