Pria Lebih Toleransi

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh psikolog Joyce F. Benenson dari Universitas Emmanuel Montreal menunjukkan bahwa biasanya, pria lebih bisa mempertahankan hubungan pertemanan dibanding wanita.

Joyce meneliti mahasiswa wanita dan pria dengan taman sekamar mereka di asrama universitas. Mereka semua diberi pertanyaan mengenai teman sekamar mereka.

Dalam survei tersebut, semua pesertanya mendeskripsikan dengan detail sifat-sifat teman sekamarnya. Setelah beberapa lama, merka disuruh menulis kembali hal yang sama.

Hasilnya, para peserta survei pria ternyata lebih banyak memiliki kepuasan terhadap teman sekamarnya dibandingkan dengan peserta survei wanita. Wanita juga tercacat lebih sering meminta universitas menukar teman sekamarnya dibanding pria.

Joyce berujar, teloransi setiap gender tak semudah itu diukur. Namun yang menjadikannya berbeda adalah, harapan mereka mengenai teman dan arti teman. pria biasanya tak terlau memikirkan hal-hal yang personal sehingga pertemanan mereka lebih awet.

Di sisi lain, wanita lebih melibatkan temannya ke hal-hal yang personal. Pada saat ada satu hal yang menyakitkan, maka hubungan pertemanan tersebut sangat mudah rusak.

Bagaimana dengan yang terjadi disekeliling anda? Lebih dominan siapa dalam hal toleransi? Pria atau wanita?

Iklan