10 DOSA BESAR

image

Bismillah

Menurut ustadz Yusuf Mansur, segala sesuatu yang menimpa diri kita yang tidak kita harapkan (musibah) bisa jadi dua kemungkinan, yaitu ujian atau adzab.

Ujian diturunkan Alloh kepada kita untuk menguji sejauh mana keimanan kita.(QS Al Ankabut : 2)

Karakteristik ujian itu sendiri jika dilihat dari segi waktu, biasanya tidak berlangsung lama. Ujian datang pada seseorang, lalu setelah ujian itu pergi keadaan orang tersebut menjadi lebih baik dibanding sebelum ujian datang kalau kita berhasil melewatinya.

Sedangkan karakteristik adzab dilihat dari segi waktu adalah biasanya berlangsung lama dan keadaan orang tersebut sama saja atau lebih buruk dibanding adzab pertama kali diturunkan. Adzab ini tidak akan dicabut jika dosa yang dibuat seseorang tidak diikuti dengan taubatan nasuha.

Perumpamaan yang populer dari YM adalah jika hujan, lantai basah karena atap bocor, maka jangan hanya di pel lantai nya tetapi atap yang bocor tersebut harus ditambal.

Untuk mengenali apakah musibah yang dialami seseorang termasuk kategori adzab atau ujian,
YM membuat list sepuluh dosa besar sebagai berikut :

1. Syirik

“Sesungguhnya orang yang mempersekutukan (sesuatu dengan) Allah, Maka pasti Allah mengharamkan kepadanya surga, dan tempatnya ialah neraka, tidaklah ada bagi orang-orang zalim itu seorang penolongpun.” (QS Al Maidah : 72)

2.Durhaka Kepada Orang Tua

dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. jika salah seorang di antara keduanya atau Kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya Perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka Perkataan yang mulia (QS Al Isra’ : 23)

3. Meninggalkan Sholat lima waktu

Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, Maka mereka kelak akan menemui kesesatan, kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, Maka mereka itu akan masuk syurga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikitpun, (QS. Maaryam : 59 -60)

4. Zina

dan orang-orang yang tidak menyembah Tuhan yang lain beserta Allah dan tidak membunuh jiwa yang diharamkan Allah (membunuhnya) kecuali dengan (alasan) yang benar, dan tidak berzina,barang siapa yang melakukan yang demikian itu, niscaya Dia mendapat (pembalasan) dosa(nya),(yakni) akan dilipat gandakan azab untuknya pada hari kiamat dan Dia akan kekal dalam azab itu,dalam Keadaan terhina,kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh,Maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS Al Furqon 68-70)

5. Makan uang haram

“Hai orang-orang beriman, jangan lah kamu saling memakan harta sesamamudengan jalan yang batil, kecuali dengan jalan perniagaan yang berlaku dengan suka sama suka diantara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu, sesungguhnya Allah adalah Maha Penyayang kepadamu” (QS An Nisaa 29)

6. Mabuk / Minum Khamr

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya khamar, berjudi, berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.(QS. Al-Maidah: 90)

7. Berjudi

Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; maka berhentilah kamu .(QS. Al-Maidah: 91)

8. Ghibah

“Dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. ” (QS. Al-Hujurat: 12)

9. Memutus silatur rahim dengan muslim,

terutama keluarga orang-orang yang melanggar Perjanjian Allah sesudah Perjanjian itu teguh, dan memutuskan apa yang diperintahkan Allah (kepada mereka) untuk menghubungkannya dan membuat kerusakan di muka bumi. mereka Itulah orang-orang yang rugi.(QS Al Baqoroh : 27)

Dari Muhammadbin Jubair bin Muth’im dari ayahnya bahwa dia mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Orang yang memutus silaturahmi tidak akan masuk surga”.

10. Bakhil/Kikir

dan orang-orang yang menyimpan emas dan perak dan tidak menafkahkannya pada jalan Allah, Maka beritahukanlah kepada mereka, (bahwa mereka akan mendapat) siksa yang pedih,pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka Jahannam, lalu dibakar dengannya dahi mereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: “Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, Maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu.” (QS. At Taubah : 34 – 35)

Jika kita mendapatkan suatu musibah, maka harus kita analisa dulu apakah musibah ini termasuk kategori ujian ataukah adzab? .

Pertama kita perhatikan sepuluh dosa besar versi YM diatas dan kita jawab dengan jujur. Jika kita termasuk orang yang melakukan dosa diatas (atau pernah melakukan), maka taubatan nasuhah lah kunci untuk menghilangkan musibah.

Tapi kalau kita lolos dari sepuluh dosa besar diatas, maka musibah yang datang adalah ujian bagi kita dan bersabar lah kunci menghadapinya.

Wallohu’alam
dikutip dari http://www.yusufmansur.com

baca juga :